Aswari : Hendaknya Kreasi & Kreatifitas Tak tinggalkan Akar Budaya Daerah

LAHAT, Ampera Sumsel РPesona Wisata & Keanekaragaman Budaya Lahat menjadi salah satu tema yang di angkat dalam Lomba lagu & tari Kreasi Daerah Nusantara. Acara yang di gelar di CitiMall Lahat, 15 Maret 2017 ini sengaja digelar untuk mengapresiasi kesenian daerah. Hadir dalam acara Bupati Lahat, Sekda Lahat, Kasdim 0405 Lahat, FKPD, dan PT. PKK Lahat. 

Bupati Lahat, H. Aswari Rivai mengapresiasi acara lomba festival kreasi seni sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya Nusantara. Ragam kesenian adalah warisan sekaligus simbol dan identitas nasional.

“Saya berpesan agar tari kreasi ini tetap tidak meninggalkan akar budaya kesenian. Akulturasi budaya itu adalah konsekuensi logis dari sebuah dinamika zaman. Namun, alangkah baiknya para peserta yg mengikuti tari kreasi tidak meninggalkan warisan budaya nasional (nation culture heritage) “ujar Aswari di hadapan peserta lomba kreasi di Hall Citimall Lahat, Rabu (15/03).

Aswari juga menyampaikan ucapan selamat kepada PT Bukit Asam yang merayakan ulang tahun yang ke 36 dan berharap PT Bukit Asam terus mengobarkan semangat berbagi untuk Negeri.

” Konstribusi PT Bukit Asam untuk memajukan kab.Lahat, Sumsel dan Nasional patut kita apresiasi dan kita dukung. Saya secara khusus mengucapkan selamat kepada manajemen PT BA yang telah menggelar acara pelestarian budaya seperti ini” tegas Aswari

Acara Lomba Lagu & Tari Kreasi di gelar oleh PT Bukit Asam sebagai bagian dari program BUMN hadir untuk Negeri. Sebanyak 140 pelajar SMP & SMA berkompetisi serta beradu kreatifitas di bidang seni.

Asmen Humas PT Bukit Asam, Anis Fuad, mengatakan program BUMN Hadir untuk Negeri yang di gelar PT Bukit Asam ini adalah upaya melestarikan potensi seni & budaya.

“Amanah korporasi sebagai bagian dari perusahaan plat merah adalah membangun NKRI melalui program comdev. Artinya, semangat korporasi tidak hanya mengambil profit semata, namun juga pemberdayaan masyarakat” ujarnya

Pelajar yang menjadi juara, lanjut Anis, akan mendapatkan uang pembinaan & piagam, sustainable program. Korporasi juga akan melakukan pembinaan agar nantinya muncul bibit unggul di bidang seni.

(Prima)