Sambut HUT Lahat, KNPI Gelar Gebyar Literasi Kabupaten Lahat 2017

LAHAT, Ampera Sumsel  – Sambut Hari Ulang Tahun (HUT), Kabupaten Lahat yang ke 148, serta mendukung Kota Lahat sebagai Kota Literasi, akan menggelar lomba lomba cipta puisi, menulis cerpen, dan lomba menulis surat untuk bupati, talk show serta penggalangan buku bacaan se Kabupaten Lahat, Minggu (19/03). 

Acara tersebut digelar oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Lahat, Humah Mbace (HUMBA) Ayek Lematang, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Lahat, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lahat, Srikandi Pemuda Pancasila Lahat, dan Forum Silaturahmi Remaja Islam Lahat (FOSIL).

Ketua KNPI Lahat, Tanhar Efendi SH. Diwakili oleh Sekretaris KNPI Kabupaten Lahat, Hafizul Husni Nashir, mengatakan, KNPI bekerja sama dengan beberapa organisasi kepemudaan akan mengadakan perlombaan tersebut.

“Syarat untuk mengikuti perlombaan tersebut adalah untuk lomba cipta puisi, peserta merupakan Pelajar SMP dan SMA, Mahasiswa, serta warga Kota Lahat, mengirimkan satu karya terbaiknya ke emailpenaf444@yahoo.com. Peserta tidak dipungut biaya, jenis puisi bebas, tema puisi ‘Pelangi di Langit Kota Lahat’. Karya orisinal bukan hasil plagiat, tidak mengandung unsur SARA dan pornografi, menyertakan biodata narasi beserta pasfoto dihalaman terpisah dari karya dalam satu file,” ujar Hafis

Ia menambahkan, semua pemenang akan diambil 6 karya terbaik kategori SMP dan SMA, serta 6 karya terbaik kategori Mahasiswa dan umum untuk mendapatkan Trophy, Piagam, dan Uang Pembinaan.

“Puisi terpilih akan dibukukan dalam antologi bersama ‘Pelangi di Langit Kota Lahat. ‘ Lomba dimulai dari tangal 17 Maret – 7 April 2017. Seluruh karya akan dipamerkan di saat pembagian hadiah pada tanggal 23 April 2017 mendatang di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Kabupaten Lahat. Untuk keterangan seluruh lomba silahkan menghubungi KNPI Lahat,” katanya.

Masih kata hafiz, dengan diadakan perlombaan ini, kedepan siswa maupun siswi serta mahasiswa terus berkarya dan mencintai Kabupaten Lahat melalui tulisannya.

“Untuk karya puisi dan cerpen selain via email, juga bisa diantar langsung dalam bentuk flashdisc ke sekretariat panitia di Jl. RE Marta Dinata, Kelurahan Pasar Lama, Kabupaten Lahat. Apapun yang kita laksanakan ini ialah untumk menanamkan rasa cinta kita terhadap bumi seganti setungguan yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Prima)