MTQ Iven Keagamaan, Pacu Percepatan Pembangunan

*Sekda, Buka MTQ ke-IX Tingkat Kota Pagaralam

 

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Sebanyak 69 peserta perwakilan kecamatan, mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Pagaralam, bertempat di Masjid Taqwa Kota Pagaralam, Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara.

Kegiatan MTQ ke-IX tingkat Kota Pagaralam tahun 2017 ini dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekdakot) Pagaralam, Drs H Syafrudin MSi, dihadiri Forkom Pimda Kota Pagaralam, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemkot Pagaralam, jajaran Camat se-Kota Pagaralam. Kepala Kankemenag Kota Pagaralam, Ketua Dharma Wanita Kota Pagaralam, tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan kafilah, dewan hakim, para qori’/qori’ah peserta MTQ tingkat Kota Pagaralam.

“MTQ yang dilaksanakan ini, untuk menjaring anak-anak, para qori’/qori’ah peserta MTQ tingkat Kota Pagaralam yang bisa diikutsertakan di MTQ tingkat Provinsi Sumsel,” ujar Syafrudin, membuka pelaksanaan MTQ tingkat Kota Pagaralam.

Dikatakan Syafrudin, bahwa MTQ merupakan kegiatan yang sudah mentradisi serta melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa Indonesia. Kehadiran MTQ senantiasa menjadi daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat.

“Iven keagamanan ini, selain menjadi media dakwah dan syiar Islam, juga secara nyata terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan bagi pemerintah maupun masyarakat Kota Pagaralam,” terangnya.

Tidak hanya itu, kata Syafrudin, pelaksanaan MTQ juga memiliki makna yang tersendiri, sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat dalam menyambut peringatan hari jadi Pemkot Pagaralam.

Sementara, Ketua Panitia MTQ tingkat Kota Pagaralam, Zamzami SSos menuturkan, jika pelaksanaan MTQ ke-IX tingkat Kota Pagaralam tahun 2017 mengangkat tema ‘Melalui MTQ ke-IX kita tingkatkan ukhuwah Islamiyah, syiar dan dakwah Islam sebagai agama Rahmatan Lil Alimin, demi terwujudnya Pagaralam Secerah Alam,’ dengan tujuan sebagai wadah syiar dan dakwah Islam, dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Selain itu, tujuan lainnya ialah meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, seni baca Al-Qur’an dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan waktu pelaksanaan MTQ tingkat Kota Pagaralam ini dimulai dari tanggal 21 – 23 Maret 2017,” paparnya.

Mengenai jumlah peserta mengikuti MTQ ini, ditambahkan Zamzami, yakni diikuti oleh 69 orang peserta. Terdiri dari 15 peserta Kecamatan Pagaralam Utara, 15 peserta Kecamatan Pagaralam Selatan, 11 peserta Kecamatan Dempo Utara, 15 peserta dari Kecamatan Dempo Tengah dan 13 peserta Kecamatan Dempo Selatan. (Dian)