Pasca Dempo Level II, Tingkat Kunjungan Wisata Normal

PAGAR ALAM, Ampera Sumsel – Meningkatnya status Gunung Api Dempo (GAD) menjadi level 2 atau waspada, ternyata tak berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburnya di kaki Gunung Dempo.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, Samsul Bahri mengatakan, libur panjang atau weekend wisatawan yang berkunjung, sejauh ini normal seperti biasanya. Kondisi ini bisa dilihat dari sejumlah lokasi objek wisata, masih tetap ramai dikunjungi wisatawan.

“Alhamdulillah. Kunjungan wisata masih tetap normal seperti biasanya. Kota Pagaralan sejauh ini tetap menjadi primadona kunjungan wisata nasional hingga mancanegara, meski kondisi Gunung Api Dempo masih bergejolak. Tidak hanya objek wisata, sejumlah pusat perbelanjaan oleh-oleh di sepanjang jalan protokol, diramaikan pembeli dari luar kota,” ujar Samsul.

Sementara itu, wisatawan asal Palembang, Reza mengungkapkan, walau sudah mendapat kabar bahwasannya Gunung Api Dempo mengalami peningkatan status, akan tetapi setelah di croscek ke sanak family di Kota Pagaralam, dijelaskan kondisi Gunung Api Dempo tidak terlalu membahayakan.

“ Objek objek wisata masih jauh dari dampak letusan yang ditetapkan oleh pihak berwenang setempat. Seperti kebun teh, air terjun dan tangga 2001 jauh dari radius berbahaya erupsi,” katanya.

Terpisah Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo (GAD) Mulyadi mengatakan saat ini statsu Gunung ApI empo masih Level II atau Waspada. Meskipun sejumlah aktifitas kekinian gunung Api Dempo sudah mulai mengalami penurunan dari beberapa minggu yang lalu. “Satatus GAD masih level II.” Tegasnya.

(Naska : Dian)

(Editor : Prima)