UPACARA MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA DI PEMDA LAHAT

ALAHAT, Ampera Sumsel – Sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia (RI), Presiden Joko Widodo telah menetapkan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai hari libur nasional. Tahun ini merupakan tanggal merah pertama peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Jadi tahun ini kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Ini hari lahir yang ke-72, sama dengan kemerdekaan kita. Ini pertama kali kita peringati, karena keputusan Presiden (Keppres) baru terbit tahun lalu,” ujar kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi, SIK saat diwawancarai oleh crew LhL usai melaksanakan upacara, Kamis (01/06/2017).

Kapolres Roby mengatakan, penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan dijadikan tanggal merah (libur) dilakukan melalui Keputusan Presiden (Keppres), yang ditandatangani langsung oleh Presiden Jokowi. 

“Jadi nanti kita akan menyelenggarakan upacara seperti dalam Keppres. Itu adalah menyelenggarakan upacara secara nasional dan seluruh inspektur upacara akan membacakan sambutan dari Presiden,” ujar kapolres Roby menambahkan.

Kapolres Roby menjelaskan, penetapan Hari Lahir Pancasila melalui Keppres tersebut dirasa sudah tepat. Tujuannya mengukuhkan lagi semangat Pancasila dalam jati diri bangsa.

“Jadi ini momentum yang sangat pas sekali, setiap Tanggal 1 Juni tahun berjalan, kita akan melaksanakan upacara bendera, untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang sudah ditetapkan sesuai keputusan Presiden,” ujarnya.

Autor : Iin

Editor : Prima