DIBULAN RAMADHAN, PEDAGAN DOGAN KECIPRATAN REZEKI

 

/// KEUNTUNGAN CAPAI Rp. 200 PERHARI

 

LAHAT, Ampera sumsel  – Momentum bulan suci ramadhan membawa berkah bagi seluruh masyarakat khususnya para pedagang Dogan yang ada dikabupaten Lahat. Pasalnya, selama bulan puasa bisnis Dogan menjadi mata pencaharian yang paling menguntung kan bahkan omzet yang didapat mencapai Rp.300 ribu perhari.

Samsi (34) pedagang dogan diseputaran areal Kodim Lama kelurahan Pasar lama mengatakan, selama bulan ramadhan dirinya terpaksa beralih profesi menjadi pedagang Dogan dari sebelumnya membuka warung manisan. Untuk satu buah Dogan dijual dengan harga Rp.10 ribu dengan modal awal sebesar Rp.2.000 dan mulai buka pada pukul 02.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib.

“Untuk Dogan saya ambil sendiri dari batang milik orang lain dan dibeli seharga Rp.2.000 sampai Rp.3000 perbuah tergantung dengan tinggi rendahnya batang yang dinaiki. Alhamdulilah sejak awal buka selalu ramai,”ujarnya.

Dijelaskannya, untuk keuntungan yang diraih perhari bervariatif mulai dari Rp.200 ribu sampai Rp.300 ribu perhari tergantung dengan ramai atau tidaknya warga yang membeli, namun bisnis ini tidak akan bertahan lama karena usai ramadhan biasanya Dogan tidak begitu diburu oleh masyarakat.

“Kalu sore mulai rami yang nak beli Dogan, aku jualan ditemani istri terkadang sendirian. Alhamdulilah kak untuk persiapan lebaran karena kebutuhan biasanya meningkat sehingga sangat berharap agar momen ini terus bertahan selama ramadhan,”imbuhnya.

Ganda Coy (28) salah satu pembeli mengungkapkan, sangat menggemari Dogan sebagai menu pelengkap karena banyak mengandung air dan sangat bagus untuk pertambahan ion dalam tubuh. Apalagi selama berpuasa cairan dalam tubuh menjadi berkurang sehingga mengkonsumsi air Dogan bias membantu menstabilkan kembali kondisi tubuh.

“Enaknya dicampur dengan Es, satu buan aku beli seharga Rp.10 ribu dan hari ini beli sebanyak Tiga Buah untuk anak dan Istri. Kali rezeki ada – ada saja asal jangan berlebihan jadi jangan menahan keinginan selama berpuasa,”pungkasnya.

(Naska : Man RP)

(Editor : Prima)