SEKDA MURATARA LANTIK EMPAT PJ KADES

MURATARA, Ampera sumsel — ,-Sekretaris Daerah Setda Kabupaten Musi Rawas Utara, H.  Abdullah Makcik melantik empat PJ Kades bertempat di gedung serba guna Kecamatan Rawas Ulu, Selasa (13/6) Empat Pejabat Kades yang dilantik yakni Pj Kades Tanjung Raja, Dahmudin, Pj Kades  Pangkalan Rawas Ulu, Abdullah, Pj Kades Pulau Lebar, M. Yusuf Dan Pj Kades Kertasari, Hadis Parman.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Musi Rawas Utara, H. Syarif Hidayat mengatakan ada empat PR untuk PJ Kades yang dilantik.Diungkapkannya yang pertama, meski hanya pejabat sementara, fungsi dan keteladanan kades harus optimal dalam memberikan pelayanan Prima kepada masyarakat.

“PJ Kades harus terbuka dalam program yang dilaksanakan Sehingga Hasil pembangunan tersebut dapat dimanfaatkan sebaiknya untuk masyarakat desa setempat,”ungkapnya dengan semangat.

Lanjut H Abdullah Makcik, PJ Kades harus dekat dengan masyarakat, serap aspirasinya dan sampaikan program pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara, sehingga program yang real itu memang dirasakan masyarakat Sebut H. Abdullah Makcik para kades merupakan corong terdepan bagi daerah kabupaten dalam menyampaikan pembangunan yang ada.Lanjutnya, H. Abdullah Makcik menyatakan PR yang kedua yakni seiring otonomi desa, kades harus optimal dalam menggunakan dana desa tanpa penyelewangan.Dikatakannya dana desa tadi harus benar-Benar dipertanggungjawabkan sesuai kebutuhannya.

“Apabila ada kendala silahkan koordinasi dengan pihak kecamatan, PMD sehingga tidak ada kekeliruan maupun penyelewangan penggunaan dana desa tersebut,”utaranya.

Yang ketiga PR para pejabat kades untuk segera membentuk dana desa beserta payung hukumnya. Sebab kedepannya penggunaan dana desa tadi diserap melalui badan Usaha milk desa Tadi.Dengan adanya Bumdes tadi juga dapat mengeksplor industri rumah tangga yang mendapatkan bagi warga setempat.Dia mencotohkan eksplor jeruk dengan sirupnya di desa Terusan dapat dipasarkan melalui Bumdes tadi.

“Untuk pembentukannya silahkan lah koordinasikan dengan bagian hukum Setda Muratara,”ungkapnya.

Terakhir, Sekda mengajak PJ Kades untuk menciptakan iklim politik yang kondusif di daerahnya masing-masing dalam menyambut pilkades serentak 2017.

“Ini akan ada pilkades serentak, hantarkan pilkades serentak dengan baik jangan ciptakan kotak-kotak diantara pendukung yang ada, suksesi pemerintahan kades jadikan euforia dalam belajar berdemokrasi, “pintanya.

Sementara ini PJ Kades Kertasari, Hadis Parman mengungkapkan setelah dilantik ini pihaknya Siap bersinergi dengan Pemerintahan daerah dan juga sebagai penyambung lidah dengan masyarakat.

“Kita siap melaksanakan arahan yang diperintahkan pak Sekda tadi,”ujarnya.

Naska : Joe

Editor : Prima 

Ruangan komen telah ditutup.