HARI BAKTI ADHYAKSA, KEJAKSAAN MUARAENIM LAKSANAKAN KEGIATAN OLAHRGA

MUARA ENIM, Ampera Sumsel – Kejaksaan Negeri (Kejari)  Muara Enim,  melaksanakan  beragam kegitan dalam rangka hari bakti adhyaksa ke- 57 tahun 2017. Kegiatan ini berlangsung sejak 17-21 Juli.

“Dalam rangka hari bakti Ikatan Darma Karini (IAD) ke 17, pada 21 juli 2017, dan  bakti adhyaksa kejaksaan 22 Juli kita melaksanakan beragam kegiatan,” kata Kepala Kejari Muaraenim Adhyaksa Darma Yuliano SH MH di dampingi Kasi Intel Abu Nawas SH ditemui Senin malam,  (17/7/2017)

Adhyaksa menambahkan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pekan olahraga (Por),  bakti sosial, kegiatan untuk anak-anak.

“Adapun rangkaian por yang dilaksanakan seperti Tenis meja,  futsal,  bulutangkis dan gaple, pesertanya antar bidang dalam Kejari Muara Enim,” ujar dia.

Selain itu pihaknya melaksanakan bakti sosial dengan kunjungan ke beberapa masjid dengan memberikan sumbangan berupa sajadah,  mukna dan al quran.  Selain itu pihak kejari kunjungan ke senior,  pensiunan kejaksaan, sembari memberikan tali kasih berupa sembako.

“Bakti sosial lainnya kita akan laksanakan donor darah, tak lupa kita laksanakan jalan santai yang akan kita laksanakan Kamis nanti,  termasuk akan langsung ziarah ke makam pahlawan,” papar Adhyaksa.

Kepedulian buat ibu-ibu staf dan tenaga honorer di kejari pihak Kejari juga akan melaksanakan pap smear yaitu  suatu pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil sel-sel yang ada di leher rahim, kemudian diperiksa dengan mikroskop, dan bertujuan untuk mendeteksi ada/tidaknya potensi kanker serviks (leher rahim).  Pap smear juga dikenal dengan Pap testatau Papanicolao test karena yang menemukan tes ini adalah seoarang dokter Yunani yang bernama Georgios Papanikolaou.

“Selain pap smear akan dilakukan Pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker. Wanita yang dianjurkan untuk tes IVA yaitu usia 30 – 50 tahun. Syarat mengikuti test IVA , antara lain : sudah menikah, tidak sedang datang bulan/haid , tidak sedang hamil, dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual,” papar kajari.

Dengan rangkaian kegiatan ini Adhyaksa berharap,  akan meningkatkan kinerja semua elemen di Kejari Muara Enim.

“Kami berharap kedepan,  akan meningkatkan kinerja kami untuk negeri ini,  kami juga berusaha meningktkan jalinan dengan masyarakat,”  pungkasnya.

Sumber: Muara Enim News

Editor: Prima AS