2017. TARGETKAN 14 RIBU PRONA

LAHAT ,Ampera Sumsel  – Untuk tahun 2017 ini sendiri. Pihak Kantor BPN (Badan Pertanahan Kabupaten Lahat menarget kan sebanyak 14 ribu persil lahan memiliki sertifikat gratis. Dalam PRONA (Program Nasional Agraria) tahun 2017 sudah terealisasi sebanyak 2.300 persil dan akan terus disosialisasikan hingga kepelosok desa. Hal ini seperti dikemukakan Kepala BPN Lahat, Ir Romanus dijumpai kemarin. Dirinya mengatakan, saat ini BPN terus melakukan sosialisasi ke setiap kecamatan dan desa desa seperti kecamatan Lahat , kecamatan kota agung, kecamatan kikim desa Bunga mas, kecamatan Jarai tentang pentingnya mendaftarkan lahan dalan PRONA.

“Dalam kepengurusan berkas semuanya gratis saat ibu sebanyak 2.300 sertifikat dalam tahab penyelesaian dan malah sudah ada masyarakat yang menerima sertefikat gratis dari program prona ini,” ujarnya.

Romanus juga menambahkan untuk wilayah kabupaten lahat program prona ini ada batasnya dan juga melalui proses di BPN dengan melalui prosedur juga kewajiban membayar BPHDB (bea pajak hak dan bangunan ). Sehingga setelah semuanya lengkap maka melalui Pemdes semuanya akan di akomodir.

“Yang terpenting untuk mendapatkan sertefikat gratis dari program prona ini tentunya Untuk syaratnya disediakan oleh pemohon, dan melalui Kades karena tidak bisa secara pribadi,” imbuhnya.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan program prona syaratnya sangat mudah hanya Potocopy Ktp kk.PBB(pajak bumi dan bangunan. Untuk itu, pihaknya mengharapkan adanya dukungan dari para Pemdes untuk melakukan sosialisasi dan tidak melakukan Pungli.

“Seluruh petugas yang ditunjuk sudah ditekankan untuk tidak melakukan Pungli jadi masyarakat jangan khawatir,” pungkasnya.

Naska: Kentung

Editor : Prima