Home / SUMSEL RAYA / Lahat / ALIANSI LSM LAHAT : KAMI MINTA KPU LAHAT BERSIKAP NETRAL

ALIANSI LSM LAHAT : KAMI MINTA KPU LAHAT BERSIKAP NETRAL

# Menduga KPU “Ada Main” Dengan Salah Satu Paslon

Laporan : Ujang

Gemas-Lahat

Sepertinya, independensi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lahat, dalam penyelenggaraan Pilkada Lahat, Juni 2018 kembali dipertanyakan. Setelah sebelumnya, organisasi Pemuda Pancasila menggelar aksi damai menuntut KPU Lahat, agar independen.

Hari ini, Selasa (26/6/18) datang dari Aliansi LSM Kabupaten Lahat. Bahkan secara terang terangan aliansi LSM Kabupaten Lahat ini menuding ketua KPU Lahat, sudah bermain mata dengan salah satu paslon dengan mengarahkan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Lahat untuk mendukung salah satu paslon.

Hak tersebut seperti yang diungkapkan Saryono, perwakilan aliansi yang juga ketua LSM SDM Reformasi Kabupaten Lahat. Dikatakanya, hasil pemantauan dan inbestigasi aliansi LSM tetkait perjalanan proses di Pilkada Lahat, pihaknya menemukan dan mempunyai bukti tidak independenya ketua KPU Lahat, Syamsulrizal Nusir, terhadap kelima Paslon yang akan bertarung di Pilkada Lahat.

“Kita temukan ketua KPU Lahat tidak independen. Dia mengarahkan anggota PPK untuk mendukung salah satu paslon. Kita ada buktinya dan temuan ini akan kita tindaklanjuti terus, “tegasnya, didampingi Maulana, perwakilan Otoritas News Lahat, saat menggelar jumpa pers, Selasa (26/6/18).

Senada, Tubagus M Sukli yang menjabat sebagai Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi (GNPK) RI Lahat menuturkan, terkait temuan tersebut, selain akan di laporkan ke Mapolres dan pihak berwenang lainnya, hari ini (Selasa, red) sebenarnya akan digelar aksi demo. Namun, demi untuk kondusifnya Pilkada dan berkoordinasi dengan Polres Lahat, rencana tersebut ditunda.

“Walaupun begitu, dugaan penyimpangan yang dilakukan ketua KPU Lahat akan kami laporkan ke pihak berwajib, termasuk adanya dugaan yang bersangkutan menduduki jabatan rangkap di dua lembaga yang berbeda serta mendapat gaji rangkap, juga akan kita laporkan”, tegasnya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, aliansi LSM menyampaikan pernyataan mendukung penuh agar terciptanya pemilu yang jujur, adil, bebas rahasia.

“Kita akan ikut bersama rakyat memantau proses pilkada Lahat, “ujarnya.

Terpisah, Ketua KPU Lahat, Samsulrizal Nusir saat diwawancara di ruang kerjanya membantah tudingan tersebut. Ditegaskan Rizal, pihaknya tidak ada main mata atau pengondisian untuk memenangkan salah satu paslon. Bahkan, Samsurizal menantang agar pihak aliansi membuka dan membuktikan tuduhan tersebut.

“Jangan hanya dugaan, dugaan…, dugaan saja…. Silakan dibuka atau dibuktikan kalau memang saya main mata dengan salah satu paslon, dalam artian yang melanggar aturan. Jangan hanya menduga duga,” bantah Samsurizal.

Editor : Ron

Check Also

TERKAIT PEMBENTUKAN KIKIM AREA, STAF KHUSUS GUBERNUR ADAKAN PEMBINAAN PRESIDIUM

  Laporan : Dedi S GEMAS – LAHAT Staf khusus Gubernur Sumsel Brigjen (Purn) H. …

FESTIVAL KULINER ASN BERSAMA BANK SUMSEL BABEL RESMI DIBUKA WABUP LAHAT

  Laporan : Coy GEMAS – LAHAT Betempat di Halaman Pemkab Lahat, telah dilakukan pagelaran …

PENANGKAPAN PENIMBUN GAS MELON OLEH POLRES LAHAT DIAPRESIASI YLKI

Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, Sanderson …

DPD II PARTAI GOLKAR LAHAT SEMARAKKAN HUT GOLKAR KE-56 SECARA VIRTUAL

  Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Setelah melakukan serangkaian kegiatan Perayaan HUT ke-56 Partai Golkar tahun …

POLRES LAHAT KEMBALI AMANKAN PELAKU PENIMBUN GAS MELON

Laporan : Dafri   GEMAS – LAHAT Jajaran Polres Lahat, dalam hal ini Polsekta Lahat …