PERINGATI HARI ANAK NASIONAL PENGADILAN NEGERI PAGARALAM GELAR APEL GABUNGAN

Laporan : Pardinal

GEMAS – PAGARALAM

Upacara Gabungan ASN, TNI, Polri dalam rangka memperingati hari anak nasional (HAN) Tahun 2019 dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pagaralam Saut Erwin Hartono A. Munthe SH, MH. Turut hadir Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni SH didampingi Wakil Wali Kota Pagaralam Muhammad Fadli SE, Kapolres Pagaralam AKBP Trisaksono Puspo Aji SIK MSi kepala BNNK Pagaralam Andi Kurniawan SSos di Halaman Kantor Wali Kota, Kota Pagaralam, Rabu (17/07/2019).

Ketua Pengadilan Negeri Pagar Alam YM Bapak Saut Erwin Hartono A. Munthe, SH, MH mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ini yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dilaksanakan sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UU tahun 1945 pasal 28 B ayat 2, bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan ekploitasi dan diskriminasi,” kata dia.

Dikatakan Erwin, Sesuai keputusan Presiden nomor 36 tahun 1990, bahwa indonesia juga berkomitmen mendukung gerakan untuk menciptakan “World Fit For Children” (Dunia yang layak bagi anak), kemudian dilakukan oleh pemerintah indonesia melalui kebijakan Kabupaten/Kota layak anak (KLA).

“Selain itu berbagai peraturan dan kebijakan ditetapkan untuk memenuhi hak dan melindungi anak,” kata Erwin.

Erwin menuturkan, momen peringatan HAN ini dapat mengungah dan mengingatkan keperdulian setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, anak serta Pemerintah.

“Maka dari itu pentingnya peran dan tugas serta kewajiban kita masing masing untuk memenuhi hak dan perlindungan anak,” ungkap Erwin.

Editor : Ivi Hamzah

Ruangan komen telah ditutup.