CAMAT KOTA AGUNG RESMIKAN PEMBUKAAN PERKEMAHAN DI TEBAT SURAS

Laporan : Ivi Hamzah

GEMAS – LAHAT

Menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74, yang akan diperingati pada tanggal 17 Agustus 2019. Maka pemerintah kecamatan dan UPTD pendidikan kota agung hari ini Kamis (15-08-19) melaksanakan perkemahan Pramuka di bumi perkemahan
tebat suras Desa Pagaruyung, Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat.
Turut hadir dalam pembukaan perkemahan Pramuka tersebut, Danramil 405/09 Kota Agung. Kapolsek Kota Agung, Dewan Guru dan tokoh masyarakat.

Saumin. Mpdi, selaku panitia pelaksana Pramuka dalam laporannya menyampaikan, bahwa pengertian Pramuka ialah organisasi kepramukaan untuk menjadikan anak-anak bangsa menjadi tangguh dalam segala hal. Adapun tugas dari perkemahan Pramuka ini yaitu Kepramukaan, Kerohanian, Kesenian, dan Karnaval. Dikesempatan ini ia selaku panitia Pramuka berharap, agar perkemahan Pramuka dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 dapat berjalan dengan baik.

“Semoga perkemahan Pramuka yang kita laksanakan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya.

Usai laporan panitia Pramuka, dilanjutkan dengan penaikan bendera Pramuka.

Kemudian Pembacaan Pancasila yang dibacakan oleh Camat Kota Agung. Diteruskan dengan Pembacaan UUD 1945, tanpa teks oleh Naizela Azis dari SMPN 1 Kota Agung.
Pembacaan Dasa Darma oleh Aris Agustiawan Ramadan dari SDN 6 Kota Agung dan Pembacaan Dwi Darma oleh Anindia Eka Putri dari SDN 5 Kota Agung.

Amanat pembina upacara yang sampaikan oleh Pukatul Hadi Camat Kota Agung. Dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pramuka adalah mendidik anak-anak bangsa menjadi tangguh, yang mampu mandiri. Ditegaskan camat, berbanggalah menjadi anak Pramuka, karena anak Pramuka mempelajari semua sandi dan arah petunjuk apabila berada di dalam hutan.

“Anak Pramuka tidak akan tersesat walaupun berada dalam hutan, karena anak mempelajari sandi-sandi dan petunjuk,” terangnya.

Tak lupa juga camat berpesan, dalam memasuki musim kemarau panjang seperti ini, ia berharap pada anak-anak Pramuka untuk tidak bermain-main dengan api, pabila melakukan pembakaran sampah, harus dijaga.

“Mari kita sukseskan perkemahan Pramuka ini, salam Pramuka yang ke-58. Dengan ini saya nyatakan perkemahan Pramuka di lapangan tebat suras resmi dibuka,” ucapnya.

Usai camat menyampaikan amanatnya dilanjutkan penyematan tanda Pramuka, dan pemukulan kentongan tanda resmi perkemahan Pramuka dibuka. Terpantau selama pembukaan perkemahan Pramuka berlangsung, berjalan dengan hikmat.

Editor : JACK M

Ruangan komen telah ditutup.