UPBJJ UT JAMBI KUNJUNGI SALUT LAHAT

UPBJJ UT JAMBI KUNJUNGI SALUT LAHAT

Laporan : Roni

GEMAS – LAHAT

Sentra Layanan Universitas Terbuka (Salut) Lahat Unit Pelayanan Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Palembang yang beralamat di Desa Manggul, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat dikunjungi beberapa Kelompok Pengajar (Pokjar) dalam 10 Kabupaten di UPBJJ UT Provinsi Jambi, Rabu (18/12/19).

Kunjungan ini, merupakan Study Banding pihak UPBJJ UT Jambi terhadap kemajuan Salut Lahat dalam hal pembangunan fasilitas serta perekrutan mahasiswa yang telah dicapai oleh Salut Lahat.
Menurut salah satu peserta Study Banding, Upomo Budiaso mengaku bahwa pada intinya kedatangan mereka ke Salut Lahat, tidak lain adalah ingin menuntut ilmu tentang bagaimana cara menjadikan Pokjar menjadi Salut yang maju seperti yang diraih oleh Salut Lahat sekarang ini.

“Kami dari berbagai Pokjar UT dari Jambi ini, datang ke Salut Lahat guna menggali ilmu dan menimba pengetahuan bagaimana cara dan upaya, agar UPBJJ UT Jambi bisa berdiri dan enjadi besar. Hasilnya, nanti akan kami terapkan di Provinsi Jambi”, harap Budiaso, saat menyampaikan niatnya di ruang pertemuan Gedung Salut Lahat.

Sementara itu Kepala Salut Lahat, Tusiran, S. Pd didampingi Ketua Bidang Koordinasi Kemahasiswaan Salut Lahat, Marwan Adriansyah, SE, MM menyambut baik kedatangan rombongan Study Banding dari UPBJJ UT Jambi ini.

“Kami pengurus Salut Lahat mengucapkan, selamat datang atas kedatangan rombongan Pokjar dari UPBJJ UT Jambi ini”, sambut Tusiran.

Selain itu, pihaknya juga berterima kasih atas niat dan perjuangan para pengurus UT dari Jambi yang telah rela meluangkan waktunya untuk memajukan UT ke depan.

“Salut Lahat ini, awalnya adalah Pokjar yang sangat kecil, namun seiring waktu dan usaha menjadi Salut hingga bisa menjadi besar seperti sekarang ini”, kata dia.

Menurutnya, maju atau tidaknya Salut UT di berbagai daerah itu bukan karena pengurusnya memiliki pendidikan yang tinggi. Akan tetapi, tergantung dengan kemauan dan tekad yang kuat dari para pengurus itu sendiri.

“Karena segala sesuatu harus diimbangi dengan sifat usaha yang sabar. Alhamdulillah, Salut Lahat bisa berdiri cukup lumayan besar ini. Bahkan sejak berdiri beberapa tahun silam, Pokjar Lahat sudah menelurkan ribuan alumni dengan berbagai jurusan”, beber Tusiran.

Usai sambutan-sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan dari Tusiran dan Marwan tentang latar belakang berdirinya Salut Lahat yang disimak oleh peserta kunjungan dari UPBJJ UT Jambi.

Untuk diketahui, bahwa selain para pengurus Pokjar, kunjungan UPBJJ UT Jambi ini juga dihadiri beberapa mahasiswa dari berbagai jurusan.

Editor : Ivi Hamsyah