PENGURUS LSM GERHANA INDONESIA SUM-SEL DIKUKUHKAN

PENGURUS LSM GERHANA INDONESIA SUM-SEL DIKUKUHKAN

Laporan : Ujang


GEMAS – LAHAT

Hari ini, Selasa (21/1/2020), bertempat di Angkringan Bonanza seputar Taman Rekreasi Mang Can (TMC), Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan  Kabupaten Lahat, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerhana Indonesia mengukuhkan Pengurus DPKab/kota se-Provinsi Sumatera Selatan untuk Periode 2019-2024.
Tampak hadir dalam pengukuhan yang sekaligus dirangkai dengan pemberian mandat ini, Ketua Umum DPP LSM Gerhana, Inuar Efendi, SH, Asisten 1 Setda Kabupaten Lahat, Drs. Rudi Thamrin, MM dan rombongan, perwakilan Pemerintah kabupaten/kota se-Sumsel, perwakilan Kodim 0405 Lahat, Kepala Desa Tanjung Payang, para anggota LSM dari kabupaten/kota se-Sumatera Selatan serta para undangan penting lainnya dan awak media.
Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Pengukuhan ini, Amirza mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang sudah bekerja untuk kegiatan ini.

“Terutama kepada panitia, tanpa kerja keras kawan-kawan semua, mungkin acara ini tidak akan terlaksana secara sempurna. Untuk itu kami ucapkan  terima kasih”, tutur Amirza.

Dalam sambutannya, Ketua DPK LSM Gerhana Indonesia Kabupaten Lahat, Fransisco Hendriawan mengatakan, apabila ada kekurangan dalam menyambut para undangan, pihaknya mohon dimaklumi.

“Jika dalam sambutan kami ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para undangan, kami haturkan maaf yang sebesar-bedarnya”, kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP LSM Gerhana Indonesia, Inuar Efendi, SH mengatakan bahwa sebagai lembaga kontrol sosial LSM Gerhana Indonesia telah banyak melakukan kegiatan sosial, membantu masyarakat dalam hal ekonomi, pendidikan serta membantu kipra pemerintah dalam mensukseskan roda pembangunan.

“Kita sebagai warga negara yang baik, LSM Gerhana Indonesia perlu melakukan langkah-langkah kerjasama dengan pemerintah daerah masing-masing. Kita sebagai lembaga swadaya masyarakat, merupakan perpanjangan tangan dari masyarakat umum”, sebut Inuar.

Kemudian, lanjut Inuar, LSM Gerhana Indonesia sudah berdiri di 18 provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan berpusat di Provinsi Banten. Dengan begitu, LSM Gerhana Indonesia dapat berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi dan 121 kabupaten/kota. Pihaknya juga ingin memgembalikan citra LSM, bahwa LSM itu cuma bukan bisa mengkritik dan menjadi LSM “Receh”.

“Alhamdulillah beberapa hari lalu, kami LSM Gerhana Indonesia telah memberikan bantuan sosial kepada warga korban banjir di Kecamatan Gumay Talang dan Kikim Timur. Nah ini meruapakan wujud dari kegiatan sosial LSM Gerhana Indonesia di tengah masyarakat. Jadi, mudah-mudahan dengan adanya LSM Gerhana Indonesia ini, maka saling bersinergi dalam membangun daerah”, pesan Inuar kepada Pengurus DPK/kota se-Sumatera Selatan.

Kepada pihak Pemerintah Daerah se-Sumatera Selatan Inuar berpesan, agar tidak asal terima keberadaan LSM yang belum jelas izin dan segala administrasi kelengkapannya.

“Karena LSM itu tidak cukup dengan adanya akta notaris saja, tapi masih banyak hal-hal terkait keabsahannya LSM itu”, tuturnya.

Sedangkan Bubati Lahat, Cik Ujang, SH didampingi Wabup Lahat, H. Haryanto, SE, MM, MBA melalui Asisten I Setda Lahat, Rudi Thamrin dalam sambutannya mengucapkan  syukur atas telah dikuruhkannya DPK/kota se-Sumatera-Selatan ini.

“Kami ucapkan selamat atas pengukuhan ini. Apalagi kita tahu bahwa kepiawaian Ketua Umum DPP LSM Gerhana Indonesia ini sudah menasional. Kami selaku mewakili Pak Bupati dan Wakil Bupati Lahat, menyambut baik kehadiran LSM Gerhana Indonesia di Lahat ini”, sambut Rudi. 

Dirinya berharap, semoga LSM Gerhana Indonesia dapat berkiprah dan berkembang terutamanya menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Lahat.

“Kami harap LSM ini terus berkominmen dan tetap jaya, maju dan berprogram sosial kontrol sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART)nya. Mudah-mudahan dengan pengurus baru, adanya semangat baru untuk membangun Indonesia”, tutup Rudi Thamrin.

Usai sambutan-sambutan  kegiatan di isi dengan acara pengukuhan sekaligus pemberian mandat ke Pengurus DPW Sumatera Selatan.

Terpisah, Ketua PWI Kabupaten Lahat, Ishak Nasroni juga mengapresiasi atas dikukuhnya DPK/kota LSM Gerhana Indonesia se-Sumsel ini.

“Ini merupakan suatu langkah positif bagi LSM Gerhana Indonesia. Karena setahu saya, baru kali ada LSM secara global se-Provinsi Sumatera Selatan dikukuhkan berbarengan dan dipusatkan di Lahat”, terang Ketua PWI Lahat ini.

Editor : Ivi Hamzah