BERAGAM KEMUDAHAN DIJABARKAN BPJS SAAT MEDIA GATHERING DENGAN AWAK MEDIA

BERAGAM KEMUDAHAN DIJABARKAN BPJS SAAT MEDIA GATHERING DENGAN AWAK MEDIA

Laporan : Tim

GEMAS – LAHAT

Dalam rangka menjalin silaturahmi antara BPJS Kesehatan dengan para insan media yang ada di Kabupaten Lahat, BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Linggau mengadakan media gathering, Jum’at (24/01/2020).

Dalam media gathering tersebut BPJS Kesehatan menyampaikan beberapa program yang sedang dijalankan oleh BPJS Kesehatan untuk menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Eka Susilamijaya Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Linggau yang mebawahi Enam Kabupaten dan Kota salah satunya Kabupaten Lahat menjelaskan, pihaknya saat ini mempunyai beberapa program andalan yang sedang digalakkan.

“Kami mempunyai program yang saat ini siap memberikan kemudahan bagi Peserta JKN-KIS. Ada antrian online, aplikasi Mobile JKN, Mobile Customer Service (MCS) yang siap jemput bola, BPJS Siap Membantu (BPJS SATU), serta simplikasi pelayan Hemodialisa (HD)”,papar Eka.

Lanjut Eka, saat ini antrian online sudah terpasang sebanyak 16 di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang ada di Kabupaten Lahat dan jumlah ini akan terus bertambah.

“Untuk nomor antrian online sendiri bisa di ambil melalui aplikasi Mobile JKN yang terhubung dengan fasilitas kesehatan”, terang Eka.

Selain itu, kata Eka ada juga layanan MCS yang menggunakan kendaraan roda empat berkeliling mengunjungi daerah yang ramai. Layaknya seperti kantor BPJS Kesehatan yang berjalan, layanan MCS ini dapat digunakan Peserta JKN-KIS dalam melakukan pengurusan administrasi seperti ubah data peserta, pencetakan kartu, permintaan informasi sampai melakukan pengaduan keluhan.

“Sedangkan untuk membantu peserta JKN-KIS di rumah sakit, BPJS Kesehatan mempunyai petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU) yang siap membantu peserta JKN-KIS dalam mendapatkan informasi dan menyampikan keluhan. Program lain yang ada di rumah sakit yakni simplikasi pelayanan Hemo Dialisa (HD). Kini pasien HD untuk mendapatkan layanan cukup menggunakan Finger Print dan untuk memperpanjang rujukannya juga bisa dilakukan di rumah sakit langsung”, jelas dia.

Masih kata Eka, dilain sisi, aplikasi Mobile JKN bisa digunakan peserta JKN-KIS dengan berbagai fiturnya, ada aplikasi ini peserta dapat menggunakan fitur yang sangat berguna bagi peserta JKN-KIS.

“Seperti cek data peserta dan menampilkan kartu digital, cek ketersediaan kamar rawat inap di RS, pendaftaran antrian online, ubah data peserta termasuk Puskesmas dan Faskes tingkat I, melihat obat yang ditanggung, pendaftaran autodebit, pengaduan keluhan, cek lokasi Faskes dan masih banyak lagi fitur yang dapat digunakan”, pungkasnya.

Editor : Ivi Hamzah