PENDISTRIBUSIAN BLT DD DI DESA KARANG RAJA DIHADIRI LANGSUNG PLT. BUPATI H. JUARSAH

PENDISTRIBUSIAN BLT DD DI DESA KARANG RAJA DIHADIRI LANGSUNG PLT. BUPATI H. JUARSAH

Laporan : Ruslan

GEMAS-MUARA ENIM

Kepala Desa Karang Raja, Okta Vianty, Am. Keb bersama Plt. Bupati Muara Enim, H.Juarsah, SH secara simbolis menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 128 KK masyarakat Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

Dalam kegiatan tersebut, terlihat hadir untuk menyaksikan dalam acara penyerahan Kadin PMD, Drs. Emran Tabrani, Camat Muara Enim, Drs. Arsali Manuddin beserta unsur Babinsa dan Babhinkamtibmas setempat.

Pantauan awak media acara berlangsung secara estafet dor to dor atau dari pintu ke pintu yang secara simbolis diberikan kepada 4 warga desa setempat, Rabu (6/5/2020).

Kepala Desa Karang Raja, Ny. Okta Vianty. Am. Keb mengatakan berdasarkan hasil pendataan Musdes dan Musdus, ada 128 KK warganya yang terpilih mendapatkan BLT DD sebesar Rp.600.000 di bulan April Mei Juni (3 bulan Rp.1.800.000). Dari total DD Desa Karang Raja th 2020 Rp.1,1 Milyar di anggarkan 20 % Rp.230.800.000 untuk Blt Dana Desa dan pembayaran nya di transfer melalui rekening Bank BRI KPM.

“BLT Dana Desa ini merupakan realisasi program dari Pemerintah Desa berdasarkan instruksi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terkena dampak Pandemi Covid-19”, ujar Okta Vianty.

Sementara PLT Bupati MuaraEnim, H. Juarsa, SH kepada seluruh masyarakat penerima BLT DD berpesan, agar dana yang ada dapat di gunakan dengan baik dan benar. Juarsah berharap, agar BLT yang didistribusikan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Pandemi Covid-19.

“Semoga bermanfaat dan bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari”, ujar H.Juarsah.

Kadin PMD, Drs. Emran Tabrani menambahkan bahwasanya Program BLT Dana Desa berlaku di seluruh desa yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Untuk seleksi penerimanya mengacu pada 14 kategori Warga Miskin yang ada di dalam Permendes no 6 th 2020 dan hasil kesepakatan Musdes dan Musdus pada setiap desa masing-masing”, sebutnya.

Warga Desa Karang Raja penerima manfaat BLT Dana Desa, Sabidin (72) dan juga Amiruddin UR (64) mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, khususnya Pemkab Muara Enim dan Pemdes Karang Raja atas Perhatian kepada keluarganya.

“BLT ini sangat bermanfaat bagi kami, di mana kondisi kami sering sakit-sakitan sesak nafas, sehingga kurang produktif akhir akhir ini. Dengan BLT DD ini, setidaknya dapat membantu mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari kami”, ucapnya.

Editor : Ujang