Home / SUMSEL RAYA / Lahat / DANDIM 0405 LAHAT MELAKSANAKAN PEMBINAAN CEGAH TANGKAL RADIKALISME

DANDIM 0405 LAHAT MELAKSANAKAN PEMBINAAN CEGAH TANGKAL RADIKALISME

Laporan : Prim

GEMAS – LAHAT

Melalui pembinaan cegah tangkal radikalisme ini, akan merawat kebhinnekaan tunggal ika, guna mencegah paham separatisme dalam bingkai NKRI. Demikian dikatakan Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Shawaf Al Amien.

“Paham yang berkembang tidak bisa dielakkan lagi, sebagai akibat kemajuan teknologi. Upaya dari terorisme merupakan kejahatan luar biasa yang membutuhkan penanganan cara luar biasa pula,” terangnya, Selasa (17/11/2020).

Ia menambahkan, perbuatan bahaya besar terhadap hak asasi manusia untuk hidup dan bebas dari rasa takut, dengan teror meresahkan.

“Target mereka bersifat random cenderung mengorbankan orang yang tidak bersalah, Kemungkinan menggunakan senjata pembunuh massal, jaringan terorisme baik nasional dan internasional, baik senjata kimia dan biologi dapat membahayakan keutuhan nasional,” urai Shawaf.

Akar kejahatan, sambung Shawaf, diperlukan penanganan signifikan dan peran dari seluruh masyarakat. Mencegah terjadinya terorisme, dimana masyarakat sebagai ujung tombak terdepan inilah, yang mengetahuinya dengan melaporkan ke babinsa atau bhabinkatimbas, angka tetap tumbuh subur ditengah masyarakat.

“Harus senantiasa keanekaragaman bhineka tunggal ika, jangan sampai paham radikalisme atau separatisme mudah sekali dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Ia menerangkan, pemerintah juga mesti menjadi lokomotif dalam pencegahan dengan memperhatikan rakyat, sehingga tidak ada celah masuk dengan mempertebal keyakinan, beragama.

“Agama sangat sensitif dan paling mudah dirasuki, sehingga menjadi kelompok radikal Dampak luas terhadap ekonomi, politik dan sosial, termasuk hubungan dengan negara luar negeri, upaya lain demi meminimalisir agar dapat menekan terjadinya hal hal tidak diinginkan terjadi,” tegas Shawaf.

 

Editor : Ivi Hamzah

Check Also

KETUA PWI SUMSEL SIDAK KE KANTOR PWI OKU TIMUR

  Laporan : Tim GEMAS – MARTAPURA   Dalam rangka mempererat silaturahmi, Pengurus Persatuan Wartawan …

PETUGAS LAPAS PAGARALAM LATIHAN MENEMBAK BERSAMA

  Laporan : Aceng GEMAS – LAHAT Untuk meningkatkan mutu dan keahlian dalam menggunakan senjata …

TIM PANORAMIC DAN DISPAR LAHAT TEMUKAN SITUS MEGALIT DI RINDU HATI

Laporan : Tim GEMAS – LAHAT Setelah Kabupaten Lahat mendapatkan penghargaan sebagai Pemilik Situs Megalit …

BPC PERHUMAS PALEMBANG USUNG KONTEN MEDIA MENUJU KNH20

  Laporan : Tim GEMAS – PALEMBANG Menyukseskan temu virtual Konvensi Nasional Humas (KNH) pada …

BPD PADANG BINDU GELAR MUSDES PERENCANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2021

  Laporan : Jack GEMAS – LAHAT Memasuki anggaran tahun 2021, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) …